Rabu, 30 Maret 2011

Merubah PC Tua Menjadi Muda Kembali

       Berjumpa kembali dengan MasguruSP, kali ini saya akan membahas tentang PC Tua,mungkin anda semua sudah tau akan PC Tua itu, karena perkembangan komputer dari tahun ketahun maju pesat, bahkan sekarang PC Komputer menjadi ajang para Lovers Computer untuk memiliki PC yang High End,tetapi anda yang masih sayang akan PC Tua anda jangan kuatir akan cerita-cerita yang saya ceritakan (anggap aja itu dobrakan anda untuk bersemangat..hehehheehe)baiklah kita mulai aja Prakteknya, Saya akan berikan beberapa tip dan teknik ini untuk PC Tua anda Muda kembali, Jangan dilewatkan ya setiap langkah-langkah ini :

  1. Mengamankan aplikasi : maksud dari mengamankan aplikasi tersebut adalah mengamankan lubang keamanan yang bisa disusupi kapan saja cara pencegahanya saya akan berikan software tersebut kepada anda, klik disini untuk download software Secunia,software Scunia ini akan otomatis mencari saja letak celah keamanan PC anda.
  2. Membersihkan PC : PC juga butuh butuh kebersihan juga mengingat kita tinggal didaerah tropis,tentunya akan mengundang debu dimana-mana, anda bisa membuka penutup casing pada PC anda, apa yang anda jumpai banyak fan processor terkena debu, apalagi PC anda tidak dipergunakan secara berbulan-bulan atau bahkan sampai bertahun-tahun PC anda tidak dirawat pastilah banyak debu yang akan dijumpai ,tapi jangan kawatir akan debu tersebut,mari dibersihkan secara satu persatu tiap komponen PC tersebut, bersihkan Fan yang berada diatas headsink processor,fan casing, atupun fan GPU ,agar menghindari dari kemacetan bila anda mempunya alat pembersih yang mempunyai tekanan angin sedang sebaiknya digunakan,atau bersihkan komponen tersebut dengan Kuas,jangan lupa membersihkan komponen tersebut keluar ruangan komputer anda.
  3. Membersihkan windows : Ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan dan mungkin malah dilupakan. Salah satunya fitur Disk Cleanup yang bisa membersihkan file-file yang tidak diperlukan,seperti Office temporary file, dan report error, yang umurnya sudah berbulan-bulan,untuk menggunkan fitur ini cukup mudah, buka My Computer, kemudian klik kanan pada hardrive (HDD) yang ingin anda bersihkan,biasanya hardrive yang agak "kotor" adalah drive yang digunakan untuk Sistem Operasi (OS). setelah klik kanan pada drive anda pilih menu properties, akan muncul window baru, dan pilih Disk Cleanup,tunggu beberapa saat akan muncul kembali window baru lagi.Disini anda akan bisa melakukan pembersihan pada download program files,temporary internet files, microsoft erorr reporting temporary files,dsb, efek setelah dibersihkan computer anda akan jauh berjalan lebih cepat, dan memiliki ruang hardisk yang lebih banyak.
  4. Mengompresi file-file : mungkin anda telah mengetahui tentang mengkompresi file atau bisa disebut compres file atau memperkecil file besar menjadi berkurang yang biasa sering anda pakai winzip, kali ini saya tidak menggunakan winzip atau sebagainya, karena hal ini akan memerlukan waktu yang lama, dan juga memakan resource PC anda, lagi-lagi menggunakan salah satu fitur yang jarang digunakan, yaitu fitur yang terintegrasi untuk mengkompresi file adalah compress old files. Caranya buka My Computer kemudian klik kanan pada drive yang anda akan kompresi ,setelah proses tersebut selesai file-file anda akan berubah menjadi berwarna biru, dan yang tidak terkompres akan berubah menjadi warna hitam
  5. Melakukan update driver : Yaitu untuk memperpanjang usia driver pada komponen PC anda,kali ini saya akan berikan software update driver dan software ini adalah trial tetapi jangan kawatir karena saat proses selesai scaning dengan software ini anda akan diberikan alamat pada komponen anda untuk update drive ikuti alamat tersebut,dan pilihlah driver yang seharusnya untuk didownload. klik disini untuk download
  6. Membersihkan malware :  Anda pernah menjumpai atau bahkan pernah menggunkan spyware yang berada di internet ,tetapi kebanyakan tidak bisa dipercaya, kali ini saya menggunkan software dari internet juga dan software ini yang paling saat ini terpercaya yaitu SuperAntiSpyware, anda bisa download disini
  7. Membersihkan hardisk dari Trialware : anda orang yang mempunyai sifat keingintahuan, biasanya sifat ini yang sering ingin mencoba-coba, maksud dari coba-coba tersebut adalah gemar akan download program-program terbaru dari internet dan sangat ingin mencobanya bahkan sampai gembiranya anda lupa menghapus karena yang terlalu banyak akan program trial tersebut,tapi tenang saja saya akan berikan software tersebut kepada anda yaitu software PC Descarpifier yang anda bisa download disini, Aplikasi ini akan otomatis menghapus aplikasi yang Trialware di PC anda.
  8. Menggunakan fitur S.M.A.R.T pada hardisk : Fitur S.M.A.R.T (self-monitoring, analysis, and reporting teckhnologi) adalah salah satu kemampuan pada hardisk,semua hardisk saat ini sudah mempunyai kemampuan seperti itu, fitur tersebut adalah untuk mengigatkan hardisk anda akan rusak, tidak bisa dibayangkan bukan, jika tiba-tiba hardisk anda rusak dan tidak bisa diakses. Namun sayangnya fitur SMART tidak diperhatikan oleh OS manapun, tetapi jangan kawatir akan problema tersebut, saya akan berikan software secara geratis kepada anda yaitu software speedfan, yang bisa anda download disini, software tersebut akan memberitahukan kapan hardisk anda akan rusak tapi sayangnya software tersebut kurang friendly untuk pengguna pemula, jangan berkecil hati dulu ni masgurusp masi punya software lagi, dan software ini malah mudah dipakai sekali install langsung mudah dipahami, komputer direstart, software tersebut akan otomatis Startup dan akan langsung memberikan informasi terhadap hardisk anda hehhehee,silakan download.
  9. Membersihkan aplikasi yang tidak terpakai : sering sekali kita menginstall aplikasi-aplikasi dan karana banyaknya aplikasi malah kita jarang menggunakan dan mulailah sekarang untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang sesuai kebutuhan,dan karena malasnya kita untuk mengunistall maka aplikasi tersebut tetap berjalan dan menyebabkan kinerja komputer terbuang secara percuma, kali ini saya akan berikan aplikasi revo Unistaller anda bisa download disini.
  10. Mengoptimalkan Startup : Optimal = Mendayagunakan atau Peningkatan, mari kita cermati secara detail saat proses komputer startup, apa yang anda jumpai? beberapa program-program yang belum sempat digunakan sudah berjalan dengan sendiri, disinilah kinerja komputer juga dapat terbuang dengan sia-sia, bahkan saat starup berjalan tiba-tiba muncul popup yang mengingatkan akan aplikasi untuk update, cara untuk mengatasinya sebagai berikut download aplikasi R2 studio startup delayer, fungsinya untuk melakukan delay waktu untuk sebuah aplikasi yang terload secara otomatis, setelah download install aplikasi tersebut. windows akan menampilkan list dari aplikasi yang sudah terload otomatis saat startup, anda bisa menghilangkan dan menonaktifkan sesuka hati. Sehingga tidak akan muncul lagi pada saat startup.
  11. Melakukan Tweaking : Tweaking PC yaitu mensett kinerja komputer anda menjadi lebih stabil dalam prosess, saya sarankan menggunkan software Tweak VI,dengan aplikasi ini anda dapat mengubah OEM contact info di windows sesuka anda, menentukan level transparasi, melakukan sorting terhadap start menu, add remove icon pada desktop,dsb. Download disini
  12. Melakukan defrag HDD : Melakukan pekerjaan men-defrag hardisk anda merupakan hal sangat penting untuk dilakukan. Karena hardisk yang ter-fragment akan menjadi kinerja PC melambat, ini merupakan tip dasar untuk melakukan pengoptimalan kinerja sebuah PC. Pada windows XP, Fitur defrag sudah diintegrasikan dan bekerja dengan cukup baik, tetapi ada kekuranganya yaitu jika terjadi fragmentasi parah pada hardisk dan hardisk anda memiliki kapasitas yang terbatas, dipastikan defragmentasi tidak dapat dilakukan. tetapi anda jangan kawatir saya akan meberikan solusi dengan menggunakan aplikasi thridparty seperti auslogics defrag, yang anda bisa download disini
  13. Meng-overclock GPU : Mengoptimalkan kinerja Grafis biasanya cara mengoptimalkan kinerja grafis sudah ada di software grafis tersebut, dan biasanya grafis tersebut sudah optimal dari sang pembuat, solusi saya tetaplah menggunakan settingan setandart daro pabrikan (ingat hati-hati saat pengoptimalan grafis anda bisa menyebabkan kerusakan GPU anda)
  14. Mengoptimalkan RAM : Apakah anda sudah memasang RAM dengan benar untuk mengetahui bahwa sudah benar atau tidaknya anda dapat menggunakan aplikasi CPU-Z yang bisa anda download disini, klik memory tab, andak akan melihat sederetan informasi menyangkut RAM di PC anda, pada bagian chanel akan terbaca dual atau triple. Namun jika hanya terbaca single dan anda memiliki dua RAM sejenis atau lebih dalam PC anda, dipastikan anda salah memasang RAM Tersebut.
Selamat mencoba semoga tip ini berguna, dan jangan lupa comentarnya.....

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar